My Home

Sabtu, 03 Desember 2011

Aku dan Olah Raga

Yeah, Sea Games XXVI sudah lewat, perhelatan olah raga terbesar di Asia Tenggara ini akhirnya di menangi oleh Indonesia sebagai Juara umum. Well, prestasi yang begitu prestisius, tapi masih kurang membanggakan karena kita hanya menang karena kita adalah tuan rumah, dan kebanyakan bidang olah raga yang di menangi itu diusulkan oleh pihak indonesia ke penyelenggara Sea Games, dan ternyata 40% medali emas Indonesia dimenangi dari Olah Raga yang memang Indonesialah yang unggul dalam olah raga itu..

Ok, ok, kali ini aku tidak akan membahas Sea Games yang lalu..
Tapi dengan Sea Games, membuat beberapa pihak jadi ingin ikutan olah raga (ya walaupun hanya sekedar jogging, main badminton atau olah raga ringan dan permainan lainnya).
Aku pun jadi tertarik untuk mencoba mencari waktu luang untuk berolah raga lagi, mengingat aku dulu cukup bagus dalam pelajaran olah raga, jadi aku ingin mencoba beberapa olah raga yang pernah aku dapatkan di sekolah dulu..

Ya aku dulu cukup bagus dalam olah raga, ya walaupun tidak banyak, dan ada beberapa olah raga yang justru tidak aku sukai, entah karena karena dasarnya gak bisa dan ya begitulah(pokoke gak bisa di ungkapkan kata - kata, halah..^^).
Mungkin semasa SMP kemampuan olah ragaku masih terbatas di beberapa cabang saja, seperti lari jarak pendek dengan jarak 100 m, 200 m, jarak menengah 3600 m, jalan cepat, lompat tinggi, senam lantai, dan sepak bola(ya yang satu ini skillku baru terasah setelah memasuki kelas 2 SMP).
Well kemampuan ini aku teruskan di masa SMK..
Dengan cedera lutut yang aku dapat semasa SMP tidak menyurutkan semangatku untuk terus melakukan hal - hal yang aku suka ini..
Ya, semasa SMP aku sempat mendapatkan cedera lutut cukup berat, karena aku sempat salah mendarat saat melompat (ya sempat tidak dapat berjalan untuk beberapa saat, dan merasakan sakit di lutut selama beberapa minggu).
Cederaku akhirnya kembali kambuh ketika di masa kelas 1 SMK, saat itu sedang ada materi lompat jauh dan di saat itu kami sedang belajar mengenai teknik dan cara yang benar saat melompat dan mendarat. Well, giliranku pun tiba, dengan sprint aku berlari dan melompat, jarak yang cukup bagus dibandingkan teman - teman lainnya memang, namun cedera lututku pun kambuh, dan akupun kesulitan untuk berdiri sekalipun, akhirnya dengan sedikit dipaksa aku pun mencoba untuk berjalan menuju tempat teman - teman berada.
Akhirnya kejadian itu cukup membuatku trauma dalam hal lompat jauh..

Materi Lompat jauh kembali aku dapatkan di kelas 2 dan 3 SMK (di sekolah yang berbeda dengan kelas 1 SMK, mengingat aku pindah dari tangerang ke bekasi saat kenaikan kelas 1). Cukup panik aku dibuatnya ketika mendengar materi olah raga itu kembali aku dapatkan di kelas 2 dan 3, pada saat praktek aku pun seditik ragu untuk mencobanya lagi, namun dengan sedikit memaksakan kehendak, aku pun nekat mencoba untuk melompat, dan ternyata dengan teknik yang aku dapatkan dulu cederaku tidak kembali lagi, dan saat itu aku mendapatkan nilai bagus untuk lompat jauh.

Well materi unggulanku pun kembali aku dapatkan. Lari jarak pendek 100 m, dengan menengok rekorku dulu aku bisa bisa sprint sejauh 100 m dengan waktu 10 detik, dan dengan yakinpun aku menetapka aku harus kembali mendapatkan catatan waktu 10 detikku lagi seperti apa yang pernah aku dapatkan dulu.
Sedikit kecewa ketika aku mengetahui catatan waktu di percobaan pertamaku saat itu, dengan waktu hanya 11 detik akhirnya akupun minta untuk diulang, dan hasil yang cukup memuaskan akupun dapat menyamai catatan 10 detikku dulu. Sempat akupun mendapatkan materi lari jarak pendek yang hanya 50 m, ya dengan keyakinan tinggi pun aku berlari secepat yang dapat aku lakukan, start yang kurang bagus namun aku akhirnya berhasil mendapatkan catatan waktu tercepat sekolah, di saat itu aku berhasil mencatatkan waktu 2,10 detik untuk jarak 50 m. Sebuah hal yang membuatku pun terpaku sesaat tidak percaya dengan hasilnya, namun setelah di beri hasil catatan waktunya, kesenangan pun langsung melanda diriku. "Yeah aku berhasil menjadi yang tercepat" batinku.

Penentuan pun terjadi, materi UAN praktek sekolah adalah materi olah raga unggulanku, atletik, dan senam lantai.
Dengan yakinpun aku mempersiapkan diriku untuk membuat catatan terbaikku, di cabang lari jarak menengah 3600 m aku berhasil mendapatkan catatan waktu yang cukup lumayan, walaupun aku belum dapat menyamai catatan waktuku semasa SMP, di cabang lompat jauh, aku membuat kejutan dengan mendapatkan nilai sempurna saat itu, dan nilai 100 pun menghiasi lembar nilai olah ragaku ^^
Di Senam Lantai pun aku mendapatkan nilai yang memuaskan, dan beberapa olah raga pun aku mendapatkan nilai yang cukup memuaskan.

Di sela - sela jadwal padatku saat ini pun aku sempat beberapa kali mencoba berlari lagi, walaupun hanya sekedar lari pagi sejauh 5000 m..

Well, aku sebenarnya tidak terlalu suka dengan atletik, justru aku lebih suka dengan sepak bola dan badminton yang tidak hanya membutuhkan kecepatan namun juga dibutuhkan skill untuk memainkannya.
Aku pun sebenarnya tidak didukung dengan stamina yang cukup baik untuk olah raga, karena aku termasuk orang yang cepat kelelahan, dengan latar belakang ashma dan cedera yang masih terkadang menganggu, namun hal itu tidak menyurutkanku untuk melakukan hal yang aku sukai. Dengan kelebihan cepat fit kembali setelah kelelahan, dapat aku manfaatkan untuk melakukan olah raga yang aku sukai.

Entah kapan lagi aku bisa mendapatkan waktu lagi untuk berolah raga di sela - sela jadwalku yang semakin padat antara bekerja dan kuliah, tapi selama ada keyakinan dan kemauan, pasti ada jalan yang diberikan, karena selain menyenangkan olah ragapun bisa membuat tubuh segar dan sehat..

Well, itulah ceritaku tentang olah ragaku dulu, ingin rasanya mencoba banyak cabang olah raga lainnya, dan mencoba untuk bisa melakukannya walaupun hanya sekedar belajar saja, namun waktu sepertinya sedikit sulit di atur, jadi akhirnyapun cukup yang dapat kulakukan saja dulu untuk saat ini..
^^

Salam Olah Raga Kawan

Rajin Olah Raga dan Jaga Kesehatanmu yah ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HackingUniversity - Hacks • Pranks • Tricks • How-Tos.Get Falling Snow Effect